Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memblokir Rekening Penipu Bank BRI BNI Mandiri BCA

(Ilustra foto banksentral.com)
Kasus penipuan dengan melibatkan uang rekening pada bank kita raib adalah suatu hal yang menyakitkan, terlebih bagi yang mengalami dengan kerugian yang tidak sedikit. Ada banyak cara komplotan penipu untuk mengelabui kita baik melalui panggilan langsung maupun melalui sms.

Penipuan online mulai marak sejak mulainya Handphone genggam, karena pelaku penipuan akan melancarkan aksinya melalui nomor HP kita. Hampir sebagian besar penipuan online menggunakan SMS Massal (sebar ribuan sms) dengan pesan yang sama kepada pengguna Handphone.

Saat kita kena tipu dan uang sudah berkurang, isi saldo Bank habis tentu membuat amarah siapapun yang mengalami nya. Tapi jangan putus asa terlebih dahulu, Ketika anda sadar bahwa anda sudah tertipu, maka segera ambil tindakan yaitu dengan Cara memblokir rekening penipu tersebut.

Cara Memblokir Rekening Penipu

Tujuan kita melakukan langkah pemblokiran adalah agar uang yang sudah terlanjur kita transfer dapat kembali. Tentunya cara blokir Rekening penipu ini mesti dilakukan pada hari / jam yang sama, dan segera dilakukan. Berikut tahapan cara yang harus kita tempuh agar rekening penipu itu terblokir.

1. Segera Hubungi Bank Anda

Jika kita sudah positif tertipu dan uang di rekening kita sudah habis / berkurang maka segeralah telepon bank kita, semua bank baik BRI, Mandiri, BNI, BCA ada call center nya. Jika sudah terhubung maka langsung cerita kan saja masalah yang kita alami yaitu "Sudah transfer uang karena tertipu"

Call center Bank BRI 14017
Call center Bank BNI 1500046
Call center Bank BCA 1500888
Call center Bank Mandiri 14000

Biasanya pihak bank akan melakukan validasi alias memastikan data kita seperti, Menyebutkan nomor rekening kita dan nomor rekening penipu tersebut.

Ingat ! Jangan sungkan untuk bertanya kepada call center bank anda, agar dana yang masuk ke rekening penipu tersebut dibekukan, sehingga dapat dikembalikan kepada anda.

2. Minta surat keterangan dari Polisi

Biasanya saat laporan anda meyakinkan pihak call center bank yang anda hubungi maka dana yang masuk ke rekening penipu akan dibekukan, sambil menunggu kelengkapan data laporan kita.

Buatlah surat keterangan dari polisi yang menyatakan bahwa anda telah tertipu dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu. Minta tolong kepada polisi saat laporan untuk segera dibuatkan surat keterangan (urgent).

3. Segera ke kantor cabang Bank terdekat

Jika sudah mendapat surat keterangan dari kepolisian maka anda bisa langsung menuju ke kantor cabang bank terdekat di daerah anda.

Ingat, jangan lupa membawa data pelengkap seperti kartu ATM, Buku Tabungan, KTP juga. Kalau ada struk transferan lebih bagus juga dibawa. Jika kasus penipuan online maka pasti ada bukti di HP kita misal chat WA / SMS si penipu itu. Usahakan hari itu juga anda ke bank (Jam kerja Bank). Kalau tidak memungkinkan maka besok pagi nya segera lah ke kantor Bank terdekat.

4. Buat Surat Permintaan Blokir Rekening

Buatlah surat pernyataan bahwa anda mengajukan blokir nomor rekening penipu, sebutkan nama dalam rekening, nomor rekening yang anda transfer dan ditanda tangani diatas materai agar lebih kuat.

5. Proses Pengembalian Dana

 Bank akan memproses pengembalian dana anda jika data dan syarat sudah lengkap maka bank akan langsung memproses pengajuan blokir rekening, dan bank akan berusaha melakukan penarikan dana yang telah anda transfer untuk dikembalikan ke rekening anda.

Itulah panduan cara memblokir rekening bank Penipu, pada intinya berhati-hati lah dalam menerima informasi. Saat ini penipuan online sangat beragam, mulai dari sms berhadiah, Undian hadiah, yang mengatasnamakan lembaga tertentu.

Fahami bahwa, Tidak mungkin zaman sekarang undian berhadiah ditujukan kepada kita cuma - cuma, sementara kita tidak ngapa - ngapain. Tidak mungkin dan mustahil itu pasti penipuan. Sekalipun komplotan penipu itu mengatasnamakan Bank.

Jangan pernah anda ladeni jika ada panggilan atau promosi yang sifatnya "Undian Berhadiah" atau "Pemenang Undian" bla bla... itu Bohong besar. Langkah paling efektif ialah memblokir semua nomor tersebut. Baik via sms, chat WA, Tlp segeralah blokir.