Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Modal Ventura dan Contohnya

(Foto id.techinasia.com)
Pernahkan Anda mendengar istilah modal ventura? Perusahaan modal ventura adalah jenis badan usaha yang akan melakukan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal. Suatu perusahaan akan mendapatkan bantuan pembiayaan dari perusaahan modal ventura dalam jangka waktu tertentu. Perusahaan yang mendapatkan pembiayaan ini disebut dengan investee company atau perusahaan pasangan usaha.

Jenis-Jenis Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura, diantaranya:

Equity Financing, yaitu jenis pembiayaan langsung yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura. Perusahaan ini melakukan penyertaan secara langsung pada perusahaan pasangan usaha (investee company) dengan mekanisme mengambil sebagian saham yang dimiliki oleh investee company.

  • Semi Equity Financing

Jenis pembiayaan yang kedua yaitu semi equity financing. Ini merupakan pembiayaan dengan mekanisme membeli obligasi konversi yang telah dikeluarkan oleh investee company.
Bagi Hasil
Perusahaan modal ventura juga ada yang menggunakan sistem bagi hasil. Pembiayaan ini biasanya diberikan pada usaha kecil dan belum mempunyai badan hukum perseroan.
Mendirikan Perusahaan Baru
Perusahaan ventura juga akan membiayai kebutuhan pendirian perusahaan baru. Bagi Anda yang ingin merintis sebuah perusahaan, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan modal ventura.

Darimanakah Sumber Dana Modal Ventura?

Demi membiayai dan menyediakan dana bagi perusahaan besar, modal ventura juga perlu memiliki dana yang cukup. Dana yang dimiliki tersebut berasal dari berbagai sumber, diantaranya sebagai berikut:

1.Dari dalam Perusahaan

Sumber dana dari dalam perusahaan ini meliputi: setoran modal para pemegang saham, cadangan laba yang belum terpakai, dan laba ditahan.

2.Dari luar Perusahaan

Sumber dana modal ventura juga bisa berasal dari luar perusahaan, seperti berasal dari investor (industri maupun perorangan), pinjaman dari perusahaan Asuransi, pinjaman perbankan, hingga pinjaman perusahaan dana pensiun.

Pertimbangan Modal Ventura dalam Memilih Sumber Dana

Walaupun memiliki sumber dana dari berbagai pihak, namun tidak semua sumber dana akan diterima. Artinya, perusahaan pembiayaan ini akan mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih sumber dana yang nantinya digunakan untuk membiayai perusahaan lain. Pertimbangan tersebut meliputi:
Jangka Waktu Pinjaman
Berapa lama perusahaan memberikan waktu pinjaman (jangka panjang atau jangka pendek).
Sifat Pinjaman
Berkaitan dengan bagaimana pinjaman tersebut, apakah bersifat lunak maupun komersil.
Suku Bunga
Berkaitan dengan besarnya beban bunga yang dikenakan pada pinjaman.
Persyaratan Pengembalian
Modal ventura biasanya akan memilih sumber dana dari pihak lain yang memiliki persyaratan mudah dipenuhi. Sehingga tidak menyulitkan perusahaan dalam mengalokasikan dana maupun pengembalian.

Itulah ulasan singkat tentang mekanisme modal ventura dan contohnya dalam melakukan pembiayaan maupun mendapatkan sumber dana.