Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Persekot Asuransi dan Manfaatnya

(Foto akuntansipendidik.com)
Dalam asuransi, Anda akan mengenal istilah persekot asuransi. Apakah itu? Persekot asuransi adalah biaya dibayar dimuka. Artinya suatu perusahaan telah melakukan pembayaran atas asuransinya, akan tetapi pembiayaan itu belum menjadi beban biaya untuk periode saat ini. Melainkan, pembiayaan tersebut akan menjadi beban biaya di masa yang akan datang.

Contoh Persekot Asuransi

Misalnya Perusahaan Bayu mempunyai persekot asuransi senilai Rp 200.000.000. Berdasarkan informasi penyesuaian hingga akhir bulan Mei diketahui bahwa persekot asuransi sebesar Rp 150.000.000. Artinya Perusahaan Bayu harus membebankan persekot asuransi sebagai biaya asuransi hingga akhir bulan Mei hingga Rp 50.000.000 (Rp 200.000.000 - Rp 150.000.000 = Rp 50.000.000). Jadi yang menjadi biaya dibayar dimuka (persekot) adalah Rp 50.000.000.

Apa saja Unsur-Unsur Asuransi Itu?

Ada 3 unsur utama dalam asuransi, yaitu sebagai berikut:

Premi

Premi merupakan kewajiban yang wajib dibayar oleh tertanggung atau nasabah kepada pihak asuransi. Pembayaran tersebut ditujukan sebagai jasa pengalihan risiko . Jika ingin mendapatkan manfaat pengalihan risiko dari perusahaan asuransi, premi tersebut harus dilunasi oleh tertanggung sesuai jumlah nominalnya.

Polis Asuransi

Polis asuransi merupakan dokumen penting dalam asuransi yang berupa surat kontrak untuk membayar ganti rugi pada pihak tertanggung berdasarkan kerugian yang dialaminya. Surat ini dikeluarkan oleh pihak asuransi yang berisi jaminan apa saja yang ditanggung atas kerugian yang terjadi. 

Klaim

Sebagai nasabah asuransi, Anda bisa melakukan klaim kepada perusahaan asuransi tertentu. Klaim ini sebagai bentuk pergantian ganti rugi yang Anda alami karena suatu kejadian tak terduga.

Apa Saja Manfaat Asuransi?

Dengan mengikuti asuransi, Anda bisa merasakan beberapa manfaatnya, diantaranya:

Rasa Aman

Kejadian buruk dan risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi kerap menimbulkan kekhawatiran. Apalagi jika berkaitan dengan masalah finansial atau keuangan. Dengan memiliki asuransi, Anda akan merasa lebih tenang dan aman karena ada pihak lain yang memberikan jaminan pada Anda atas risiko yang Anda alami.

Memberikan Kepastian

Untuk mengatasi risiko yang tidak pasti kapan terjadi, pihak asuransi akan memberikan kepastian kepada Anda jika risiko tersebut Anda alami. Selama membayar premi asuransi, Anda sudah bisa memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan pihak asuransi untuk melindungi Anda dari risiko tak terduga.

Sebagai Sarana Menabung dan Investasi
Asuransi juga berfungsi sebagai sarana menabung dan investasi. Anda bisa mendapatkan nilai tunai apabila premi yang Anda bayarkan selama ini tidak terpakai atau belum pernah mengajukan klaim. Ini bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang melalui asuransi.

Asuransi memang akan memberikan perlindungan dan jaminan jangka panjang terhadap risiko buruk yang Anda alami. Mulailah berasuransi demi masa depan Anda yang lebih aman.