Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking yang Harus Kamu Tahu

Di zaman modern ini segala sesuatu berkaitan dengan teknologi. Termasuk untuk urusan perbankan. Banyak layanan perbankan yang mengandalkan teknologi digital untuk melakukan transaksi. Misalnya penggunaan mobile banking dan internet banking.

Sebagian orang menganggap bahwa keduanya adalah sama, padahal sebenarnya berbeda lho kalau kamu tidak memahami maka kamu akan berlarut dalam kesalahan. Apakah perbedaan mobile banking dan internet banking? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Mobile Banking
Mobile banking adalah salah satu layanan digital perbankan yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi dengan mudah secara online, melalui smartphone. Anda bisa mengunduh dan menginstal aplikasi mobile banking sesuai jenis rekening bank yang Anda miliki dan mengoperasikannya secara mudah pada ponsel Anda.

Dengan menggunakan mobile banking, Anda bisa mengakses layanan informasi mulai dari informasi saldo, suku bunga, mutasi rekening, hingga lokasi ATM/Cabang Bank terdekat. Anda juga bisa mengakses layanan transaksi dengan mudah dan cepat, seperti transfer, pembelian pulsa, pembayaran tagihan (air, listrik, dan internet), serta menggunakan fitur perbankan lainnya melalui aplikasi.

Bagaimana cara menggunakan Mobile Banking?

Sebelum bisa menggunakan mobile banking, pastikan Anda sudah mendafarkan rekening Anda ke Bank untuk mobile banking. Setelah akun Anda aktif, artinya Anda bisa melakukan berbagai transaksi mobile banking melalui aplikasi yang sudah Anda instal pada smartphone.

2. Internet Banking
Lain halnya dengan internet banking yang merupakan layanan perbankang untuk para nasabah yang bisa diakses melalui website resmi bank yang bersangkutan. Layanan perbankan yang bisa Anda manfaatkan tidak jauh berbeda saat Anda menggunakan mobile banking. Yang menjadi pembeda hanyalah media yang digunakan, jika internet banking di askes melalui websiter, sedangkan mobile banking melalui aplikasi.

Awalnya, layanan internet banking hanya dapat diakses menggunakan komputer atau laptop. Namun, tak perlu khawatir kini Anda juga bisa mengakses internet banking melalui smartphone. Internet banking menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki smartphone, tapi tidak dapat digunakan untuk menginstal aplikasi.

Apakah Mobile Banking dan Internet Banking Aman?

Anda tak perlu khawatir, baik itu mobile banking maupun internet banking dibekali dengan sistem keamanan oleh perbankan. Untuk melakukan login ke akun Anda, dibutuhkan ID dan password khusus yang Anda rahasiakan. Jika tidak ingin diketahui oleh orang lain, maka pastikan hanya Anda sendiri yang mengatui ID dan password untuk log in tersebut.

Namun, meskipun dilengkapi dengan sistem keamanan yang akurat, Anda juga perlu waspada saat mengaksesnya. Pastikan bahwa smartphone yang Anda gunakan tidak mengandung virus. Gunakan koneksi internet pribadi, bukan Wi-Fi umum karena berisiko dibajak/hack orang tak bertanggung jawab.

Sudah tahukan, apa saja perbedaan mobile banking dan internet banking. Jadi, Anda tidak lagi menganggap bahwa mobile banking dan internet banking adalah sama, walaupun secara konsepnya memiliki persamaan.