Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beli Motor DP Besar Untungkah?

Kredit motor DP besar (foto Tribunnews)
Benarkah saat kita membeli motor dengan DP Besar itu menguntungkan? Apakah jumlah kredit akan lebih murah? Jawabannya belum tentu, karena pada dasarnya sistem kredit kendaraan ada bunga yang termuat dalam setiap angsuran. Jika di lihat masing masing multifinance memberlakukan persentase pembagian angsuran plus bunga.

Dinamika saat ini memang memiliki kendaraan motor untuk aktifitas sehari-hari adalah hal yang umum. Disatu sisi masyarakat masih banyak mendapat kan motor dengan cara Kredit. Kredit DP besar ada juga yang DP Kecil. Lalu timbul pertanyaan apa untungnya Kredit Motor dengan DP Besar?

Keuntungan beli Motor DP Besar

Asumsi yang berkembang di masyarakat adalah semakin besar DP kredit motor, maka akan semakin kecil angsuran setiap bulannya? Masa hanya itu doang untungnya Dp kredit motor DP besar? Pemahaman mengenai keuntungan DP motor besar adalah sebagai berikut

1. Tenggang Angsuran jadi Singkat
Saat kita membeli motor dengan DP besar maka keuntungan nya Masa angsuran jadi lebih singkat. Misal kalau kita DP motor Beat Rp 5jt Keatas kemungkinan angsuran kita bisa 700rb perbulan dengan jangka waktu 2 tahun.

2. Ringan Angsuran
Ketika beli motor DP besar akan mempengaruhi besaran jumlah angsuran karena dari contoh poin 1 diatas, bisa disimpulkan seandainya DP motor beat kita cuma 1 juta dengan jangka 1 tahun angsuran tentu nilainya bisa 1jutaan angsuran bulanan nya.

3. Menghindari Resiko Keuangan di Kemudian hari
DP motor besar menguntungkan kita karena angsuran cepat selesai dalam jangka waktu yang singkat tuntas. Bayangkan jika dikemudian hari keadaan ekonomi kita sedang terpuruk tentu bisa membuat kesulitan.

4. Utang Cepat Lunas
Angsuran motor dengan DP besar memang rata rata tanggungan setor bulanan lebih kecil dan waktu juga singkat. Tentu ini jadi nilai plus ya bisa menyelesaikan utang ke leasing dengan waktu yang cepat.

Itulah sedikit penjelasan tentang keuntungan beli motor dengan DP besar. Pada intinya siapasih yang tidak ingin punya utang? Boleh berutang / punya angsuran tapi jika cepat lunas tentu kita juga yang diuntungkan.

Semua itu adalah pilihan, yang utama adalah kesanggupan. Kalau kita sanggup DP besar silahkan, begitu juga jika kita hanya mampu DP kecil tak mengapa asal angsuran motor tersebut dilunasi.