Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Contoh Usaha setelah Pensiun paling Cocok dilakoni

Contoh usaha setelah pensiun (foto okezone.com)
Setelah memasuki usia pensiun, bukan berarti Anda tidak bisa lagi menghasilkan uang. Ada banyak contoh usaha yang bisa dilakoni dan menghasilkan walaupun hanya sekedar mengisi waktu alias menuangkan hobi.

Tua atau ketika sudah pensiun bukan berarti kita total berdiam diri. Anda masih tetap menghasilkan uang tanpa harus bekerja keras seperti saat usia muda.

Ada banyak jenis pilihan pekerjaan dan usaha yang bisa Anda lakukan setelah pensiun nanti. Apa sajakah itu? Berikut 6 jenis usaha yang cocok untuk Anda yang memasuki pensiun.

6 Usaha Setelah Pensiun

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan setelah pensiun, berikut ini setidaknya ada 5 jenis usaha yang bisa Anda jalani.

Usaha Kos-Kosan

Usaha setelah pensiun bisa mencoba membuat kos-kosan. Jika Anda memiliki banyak lahan atau rumah yang cukup besar, jadikanlah sebagai sumber penghasilan dengan cara membuka kost-kostan atau kontrakan.

Anda hanya perlu menyiapkan kamar-kamar yang bisa dijadikan kost, mempromosikan tempat, memberikan pelayanan terbaik, dan Anda bisa mendapatkan pendapatan setiap bulannya tanpa harus bekerja keras setiap hari.

Membuka Toko Online

Sudahkan Anda memiliki tabungan atau dana pensiun dari hasil kerja Anda sebelumnya? Jika Ya, kini saatnya menggunakan tabungan tersebut untuk membuka usaha. Membuka toko online cukup bagus dilakukan setelah pensiun.

Anda bisa membuka toko online sendiri dengan brand atau produk yang Anda jual. Jika modal yang Anda miliki dirasa belum cukup untuk membuka bisnis online.

Anda bisa memulai dengan menjadi reseller atau dropshiper, sehingga modal yang Anda keluarkan lebih sedikit.

Rental Kendaraan

Nah, bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti mobil atau motor, Anda bisa menggunakannya untuk membuka usaha rental kendaraan.

Misalnya dengan menyewakan kendaraan kepada orang lain yang memang membutuhkan. Penyewaan kendaraan yang cocok yaitu di daerah lokasi wisata yang sulit dijangkau kendaraan umum.

Bimbingan Belajar (Bimbel)

Jika pensiun tiba dan anda punya skill di bidang tertentu tidak ada salahnya menyalurkan ilmu anda, Anda bisa memanfaatkan waktu tua Anda dengan membuka bimbel di luar sekolah kepada anak-anak yang membutuhkan pelajaran tambahan.

Jika Anda tidak ingin mengajar anak-anak secara langsung, Anda bisa memperkerjakan guru atau tutor lain untuk mengajar dan Anda sebagai pemiliknya.

Bisnis Properti

Anda juga bisa menekuni bisnis properti di usia pensiun. Selama ini usaha properti banyak mendatangkan keuntungan besar bagi pemiliknya.

Bisnis ini juga cenderung mudah dilakukan karena bisa dilakukan di rumah sambil bersantai. Misalnya penyewaan gedung, kendaraan, mesin, dan properti lainnya, sehingga Anda bisa memperoleh penghasilan hasil dari penyewaan properti tersebut.

Budidaya Tanaman atau Ternak

Usaha membuka budidaya tanaman atau ternak bisa juga dijadikan pilihan. Jika Anda sudah memiliki modal pensiun, gunakan modal tersebut untuk membuka bisnis baru seperti budidaya tanaman atau ternak seperti ternak lele, sapi, kambing, dan sebagainya.

Bisa juga anda kembangkan hobi piara hewan misal burung kicau dengan beragam jenis nya. Jika fisik Anda sudah tidak kuat bekerja secara maksimal, Anda bisa memperkerjakan karyawan.

Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda pilih agar tetap bisa menghasilkan pendapatan di hari tua setelah pensiun. Anda bisa mencoba salah satu dari enam rekomendasi di atas