Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan dan Kerugian Membeli Apartemen

View apartemen (foto 99.co)
Beli apartemen itu untung rugi? Mungkin kita perlu memikirkan hal yang didapat ketika hendak investasi properti, dari segi untung dan rugi nya. Karena tak dipungkiri setiap orang yang berinvestasi punya tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Lalu seperti apa keuntungan dan kerugian beli apartemen?

Review Apartemen

Tinggal di kota-kota besar sangat mempengaruhi gaya hidup seseoang, khususnya dalam hal memilih tempat tinggal. Demi mendapatkan tempat tinggal yang praktis, bersih, dan nyaman, banyak orang yang akhirnya membeli apartemen untuk tempat tinggal, daripada menyicil membeli rumah.

Apakah Anda juga tertarik untuk membeli apartemen? Jangan terburu-buru mengambil keputusan, berikut ini beberapa untung rugi membeli apartemen yang perlu Anda ketahui.

Keuntungan Membeli Apartemen

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika memiliki apartemen sendiri, diantaranya:

1. Praktis dan Efisien
Bagi Anda, khususnya para pekerja, membeli apartemen menjadi solusi yang tepat. Namun, pastikan apartemen yang Anda beli berlokasi dekat dengan kantor Anda, sehingga akan mempercepat saat menuju ke kantor. Hal ini tentu akan lebih efisien waktu dan biaya untuk transportasi.

2. Memiliki Fasilitas yang Lebih Lengkap
Tak hanya menyediakan kamar beserta perlengkapan di dalamnya, Anda juga bisa menikmati fasilitas apartemen yang sudah Anda beli. Misalnya tempat spa, kolam renang, sauna, wifi, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya.

3. Sebagai Simbol Kesuksesan
Banyak orang yang melihat kesuksesan berdasarkan apa yang diraih. Nah, memiliki apartemen merupakan salah satu cara Anda mengalokasikan pendapatan yang sudah Anda peroleh dengan membeli apartemen. Ini bisa menjadi simbol kesuksesan, pasalnya membeli apartemen bukanlah hal yang murah. Jika Anda sudah mampu membelinya, artinya pendapatan Anda termasuk besar.

Kerugian Membeli Apartemen

Tak hanya menikmati keuntungannya, Anda juga akan merasakan beberapa kerugian saat membeli apartemen, diantaranya sebagai berikut:

1. Tempat Terbatas
Apartemen kurang cocok bagi Anda yang suka mengdekorasi outdoor tempat tinggal Anda. Pasalnya, Anda tidak memiliki halaman pribadi yang bisa Anda hias dan desain sesuai keinginan Anda. Anda hanya bisa menikmati fasilitas yang sudah disedikan pihak apartemen.

2. Ruangan Terbatas
Bagi Anda yang membutuhkan ruangan besar, apartemen bukanlah tempat yang cocok untuk tempat tinggal Anda. Apartemen memiliki luas ruang yang terbatas, sehingga jika ingin nyaman tinggal di dalamnya, pastikan barang-barang yang Anda bawa tidak berlebihan. Sehingga tidak akan mempersempit ruang apartemen yang Anda tempati.

3. Interaksi Berkurang
Membeli apartemen sebenarnya menjauhkan Anda dari orang-orang sekitar. Interaksi dengan tetangga menjadi berkurang, berbeda jika Anda memiliki rumah sendiri. Orang-orang yang tinggal di apartemen lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamarnya sendiri atau hanya berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya dari luar.

4. Biaya Cukup Tinggi
Kerugian selanjutnya yaitu menyangkut biaya. Untuk membeli apartemen butuh uang yang tidak sedikit, sehingga Anda perlu menyiapkan uang yang cukup banyak. Tak hanya membeli, namun biaya perawatan apartemen juga tidak murah.

Sudah tahukan, apa saja keuntungan dan kerugian membeli apartemen? Pastikan Anda mempertimbangkannya sebelum membeli apartemen. Review ini sebenarnya tergantung dari individu, pilihan itu mutlak dan selera hidup orang tidak sama.