Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek BI Checking Online

Ilustra foto Cek BI Checking (cakapan.com)
Melihat BI Checking bertujuan untuk mengetahui nama kita sudah diblacklist bank atau belum. Apalagi saat kita hendak mengajukan kredit jika sudah masuk daftar merah BI Checking tentu beresiko saat pengajuan kredit pasti ditolak. Bagaimana cara melihat status kita masuk blacklist BI atau belum? Ya tentu harus kita check dulu via online.

BI checking akan memantau nama kita baik belum atau pernah atau saat akan mengajukan kredit, seperti akan mengajukan Kredit kendaraan, KPR, KKB, KTA atupun kartu kredit, nama kita akan di cek oleh BI Checking. Jika kita pernah ngeredit atau pernah nunggak pembayaran di bank maka historis (catatan nya) ada. Segala sesuatu BI checking tahu lancar atau macetnya pembayaran yang sudah kita lakukan dari awal.

Cara Cek BI Checking Online

Bagi Anda yang sering mengajukan KPR hingga kartu kredit ke Bank, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah BI Checking. BI Checking dimaksudkan untuk mengatahui riwayat pemilik akun bank yang bersangkutan berkaitan dengan lancar tidaknya pembayaran kredit yang mereka lakukan. Jika nasabah memiliki riwayat buruk, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman atau kartu kredit dapat ditolak.

Oleh pihak bank, BI Checking bertujuan sebagai bahan pertimbangan pengajuan kredit akan diterima atau ditolak. Nah, agar Anda bisa mengatahui riwayat akun bank Anda, sebaiknya lakukan pengecekan dulu terhadap akun melalui smartphone secara online. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penolakan oleh pihak bank terhadap pengajuan kredit yang Anda lakukan.

Jika Anda memiliki riwayat peminjaman, sebaiknya selesaikan dulu pinjaman Anda, Sehingga Anda memiliki riwayat kredit yang baik. Lakukan pengecekan BI Checking secara berkala untuk mengetahui dan memastikan riwayat akun bank Anda dalam kondisi sehat. Bagaimana caranya? Di era modern ini, Anda diberikan kemudahan untuk melakukan pengecekan riwayat akun bank Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan BI Checking secara online melalui Hp.

1. Siapkan Smartphone
Langkah pertama, siapkan smartphone. Pastikan smartphone terkoneksi dengan jaringan internet, karena proses pengecekan BI Checking dilakukan secara online.

 2. Masuk ke Situs OJK
Selanjutnya, buka browser yang ada di smartphone Anda, lalu masuk ke situs www.ojk.go.id. Tunggu hingga halaman yang diminta terbuka. Pastikan koneksi internet Anda lancar untuk mengakses situs tersebut. Akan butuh waktu lama jika jaringan internet mengalami gangguan atau lemot.

3. Pilih "Permintaan IDI Historis"
Setelah halaman terbuka atau selesai loading, pilih kolom perbankan dan pilih "Permintaan IDI Historis". Maka, Anda akan dibawa ke laman baru yang berisi permintaan IDI Historis.

4. Isi Formulir yang Diminta
Selanjutnya, klik "Mengisi Formulir yang Disediakan", kamudian klik "Formulir", maka akan terbuka halaman yang berisi form "Biro Informasi Kredit" yang harus Anda isi. Isilah form yang disediakan dengan benar dan sesuai data diri Anda. Gunakan identitas diri seperti yang ada di KTP atau KK.

5. Kirim Form
Setelah mengisi semua data diri Anda dengan benar, selanjutnya klik "Kirim Form". Selesai, Anda tinggal menunggu hasilnya yang akan dikirim ke alamat email Anda yang Anda cantumkan saat pengisian form.

Mudahkan? Anda bisa melakukan BI Checking dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan cepat. Tak perlu datang ke Bank langsung, Anda sudah bisa mendapatkan informasi terkait histori atau riwayat akun bank Anda. Demikianlah, cara cek BI Checking online via HP yang bisa Anda terapkan sendiri dengan mudah. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.