Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Banyak orang bertanya tentang apa sebenarnya maksud asuransi mobil Total Loss Only (TLO) dan All risk? Tentu ada perbedaan dan ada plus minus nya, namun kedua nya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Bisa pilih TLO atau All risk.

Jika membeli mobil maka kita akan dihadapkan kepada dua pilihan asuransi sebagai penjamin. Asuransi mobil all risk dan TLO bukanlah hal sulit untuk dipahami karena perbedaan kedua nya bisa kita fahami dengan mudah.

Asuransi mobil all risk adalah suatu pertanggungan yang dilakukan oleh leasing (finance) kepada pelanggan berupa memberikan jaminan untuk jenis kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan. Misalkan, mobil kita terserempet kendaraan lain, maka kerusakan ringan tersebut ditanggung pihak asuransi.
 

Sedangkan, asuransi TLO menjamin mobil Anda atas kehilangan atau kerusakan berat yakni lebih dari 75% dari harga mobil. Artinya jika terjadi kerusakan ringan maka tidak akan ditanggung atau dijamin. Namun, bukan berarti jaminan asuransi mobil TLO dijadikan pilihan terbawah karena tidak bisa menjamin kerusakan ringan pada mobil Anda. Tentu saja Anda tidak bisa menutup kemungkinan peluang kerusakan kendaraan akibat kelalaian diri sendiri maupun orang lain yang kerusakannya lebih dari 75%.

Pilih mana Asuransi All Risk atau TLO? Bila Anda menggunakan mobil untuk alat transportasi sehari-hari, maka pilihan asuransi mobil all risk sangat tepat.

Perbedaan Tarif Asuransi TLO dan All Risk

Misal, Bapak Dahlan memiliki mobil Avanza berpelat BE seharga Rp 190 juta. Berdasarkan harga dan pelatnya, mobil Pak Dahlan termasuk ke dalam kategori Dua di wilayah satu (Sumatera, Lampung). Berarti, tarif premi asuransi mobilnya berada pada kisaran 2,67% hingga 2, 94% persen untuk jenis pertanggungan All Risk atau 0,63% Dan 0,69% untuk pertanggungan TLO. 

Rate Asuransi Mobil All Risk

Jika menggunakan rate asuransi pada batas bawah, maka tarif premi asuransi mobil Bapak Dahlan menjadi: 2,67% x 190 juta = Rp 5 jutaan /tahun.

Rate Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jika menggunakan rate asuransi pada batas bawah, maka tarif premi asuransi mobil pak Dahlan menjadi: 0,63% x 190 juta = Rp 1 jutaan / tahun

Selanjutnya, tarif tersebut akan ditambah dengan biaya polis, materai, dan biaya lainnya. Inilah perbedaan tarif premi asuransi mobil TLO dan All Risk semoga bermanfaat ya..