Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Pinjaman di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

BPR foto (infobanknews.com)
Ransidit.com - Mendengar kata bank pasti yang ada di benak anda adalah kemudahan dan kekejaman. Kemudahan ketika kita melakukan transaksi atau mengajukan pinjaman. Sedangkan kekejaman adalah ketika peminjam tidak dapat membayar cicilan atau melunasi pinjaman maka resikonya adalah adanya paksaan untuk menyita aset yang akan merubah kehidupan anda menjadi lebih buruk.

Kelebihan Pinjaman BPR

Meskipun ada kerugian dan keuntungannya. Namun tentunya setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing. Seperti bank perkreditan rakyat yang memiliki banyak nasabah karena memfasilitasi atau memberikan perkreditan bagi pelaku usaha mikro dan menengah. Berikut kelebihan pinjam uang di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

1. Jaminan Tidak Sulit
Bagi anda yang ingin melakukan pinjaman ke BPR maka anda tidak perlu khawatir pengajuan pinjaman anda akan ditolak ketika anda tidak memiliki surat berharga atas aset anda, karena syarat ini bukanlah syarat yang mutlak. Yang menjadi pertimbangan utama BPR adalah prospek usaha yang akan anda jalankan atau seberapa besar kemungkinan bisnis anda akan sukses.

2. Pencairan Dana Cepat dan Mudah
Untuk pencairan dana maka nasabah hanya cukup menunggu selama 2-3 hari. keceatan ini karena lagi-lagi tujuan dari BPR adalah untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah.

Untuk mendapatkan kecepatan dan kemudahan tentunya anda harus melengkapi persyaratan, maka setelah itu pihak BPR akan langsung mengecek dan menganalisis data. Apabila data sudah memadai, survei lapangan akan segera dijalankan untuk melihat usaha yang sedang dijalani oleh calon peminjam secara langsung.

3. Kepercayaan Adalah Yang Utama
Unsur yang paling utama dari BPR adalah unsur kepercayaan bukan megutamakan keuntungan atau profit yang didapatkan. Kepercayaan ini bisa saja diberikan kepada nasabah baru, namun kepercayaan yang lebih besar akan didapatkan bagi nabah yang sudah lebih dari satu kali melakukan penjaman. Ini artinya nasabah lama memiliki komitmen dan reputasi yang baik untuk kelancaran perkreditan.

4. Sistem Pemasaran Yang Baik
Sistem pemasaran yang dilakukan oleh BPR adalah sistem jemput bola, dengan tujuan menjangkau para nasabah yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah. Selain menggunakan sistem jemput bola untuk mencari calon nasabah yang sedang membutuhkan pinjaman, sistem keliling pedesaan ini juga digunakannya untuk mengumpulkan cicilan dan tabungan.