Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghindari Investasi Bodong

Ransidit.com - Pada zaman serba canggih seperti sekarang ternyata semakin banyak kejahatan, salah satunya adalah investasi bodong. Investasi bodong adalah penipuan yang mengatasnamakan investasi yang menjajikan keuntungan besar namun dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Investasi bodong sangat meresahkan sekali bagi masyarakat, apalagi bagi mereka yang kurang pemehaman atau bahkan tidak tahu sama sekali yang namanya investasi. Berikut Ciri-cici investasi bodong dan tipsnya menghindari nya:

Pertama, biasanya menggunakan nama tokoh terkenal seperti artis. Mereka menggunakan figur-figur ini untuk meyakinkan targetnya agar dapat diperalat untuk masuk keperangkap penipuan mereka. Biasanya figur-figur terkenal ini akan mereka jadikan contoh bahwasanya artis tersebut sukses dan kaya dari investasi yang mereka jalankan.

Kedua adalah skema bisnis tidak jelas, investasi dan bisnis tidak dapat dipisahkan karena yang namanya investasi pasti merupakan hasil dari dunia bisnis dan bisnisnya harus berbentuk nyata, misalnya ada tokonya, ada prodaknya, dan lain sebagainya. Jadi yang namanya investasi bodong tidak nyata atau tidak ada wujudnya.

Ketiga adalah tidak terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK). jika anda ingin tahu mana yang sudah terdaftar atau belum dapat anda cek di www. OJK.co.id. nah jika tidak terdaftar maka jangan sekali-sekali anda masuk dan berinvestasi karena anda sudah pasti ditipu dan akan mengalai kerugian, jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa agar anda terhindar dari investasi bodong anda jangan terlena dengan iming-iming yang ditawarkan, karena bisa jadi iming-iming tersebut sebagai kedok mereka, selain itu carilah informasi tentang investasi yang ditawarkan apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Jika belum berarti anda jangan percaya karena dapat dipastikan investasi tersebut tidak resmi alias bodong. (Foto detik.com)