Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan yang Harus anda Sadari

Ilustra (Foto inspiradata.com)
Ransidit.com - Banyak yang berfikir sudah kerja keras tapi kok gak kaya-kaya, udah kerja sana sini buat menambah penghasilan kok hidup gini-gini aja gak pernah ada perubahan atau kemajuan. Atau mungkin banyak penghasilan tapi tak terlihat hasilnya. Berati ada yang salah dong?

Nah permasalah seperti ini harus segera anda sadari, bahwasanya jika ini terjadi berarti ada kesalahan dalam mengelola keuangan. Berikut kesalahan dalam mengelola keuangan yanag harus anda hindari:

Baper Terhadap Uang

Uang sebenarnya hanya nominal atau angka, namun kebanyakan orang ketika uang sedikit merasa sedih sedangkan ketika uang banyak bahagianya luar biasa samapi-samapi membeli semua keinginan bukan kebutuhan.

Jadi jika anda melibatkan perasaan dalam mengelola uang berarti anda belum siap untuk mengelola uang. Jadi mulai sekarang jangan melibatkan perasan, jika uang sedikit jangan terlalu sedih dan ketika uang banyak jangan terlalu senang namun tetap memikirkan kebutuhan bukan keinginan saja.

Tidak Merencanakan

Gagal merencanakan sama dengan merencanakan untuk gagal. Ketika anda mendapatkan uang namun anda tidak merencanakan uangnya untuk apa maka uang itu akan hilang begitu saja tanpa anda tau digunakan untuk apa saja uang tersebut dan tiba-tiba habis.

Jadi lebih baik ketika anda mendapatkan uang maka anda memiliki perencanaan keuangan secara tertulis untuk membagi-bagi uang tersebut untuk apa saja.

Tidak Memisahkan Uang

Uang memang harus di pisah-pisah, banyak orang sukses dengan gaji yang fantastis justru tidak tenang dan merasa bahwa penghasilannya selalu habis setiap bulan.

Kesalahannya adalah karena uangnya tidak di pisah-pisah menjadi banyak bagian, minimal jika dalam usaha anda harus tau mana modal dan mana keuntungan sehingga keuntungan itu nanti dapat anda pilah lagi untuk kebutuhan seperti biaya pendidikan, cicilan rumah atau bahkan asuransi.

Tidak Mencatat Pengeluaran

Hal ini memang menjadi kemalasan namun sangat penting untuk dilakukan, catatan pengeluaran ini penting karena untuk dijadikan laporan bulanan agar mudah dalam mengatur keuangan.

Tidak Melakukan Evaluasi

Melakukan kesalahan dengan tidak melakukan evaluasi. Tujuan dari mengatur keuangan adalah untuk terus melakukan evaluasi jadi anda tau apa yang kurang dan apa yang salah untuk nantinya dapat diperbaiki.