Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Ransidit.com - Mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros itu wajib karena tanpa manajemen yang baik tentu akan menimbulkan dampak buruk apalagi penghasilan minim. Karena tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Bagi orang yang menerima gaji kecil pasti mengalami kesulitan dalam menyimpan uang untuk beberapa hal seperti kebutuhan darurat, biaya sekolah kuliah anak, dana pensiuan dan lain sebagainya. 

Mengatur uang fungsi nya jelas agar tidak boros, Kita mungkin sering menjumpai, bahkan tidak jarang ada keluarga yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat tidak dapat mengelola gaji atau penghasilan bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depan yang pasti memerlukan uang yang tidak sedikit, sedangkan jika gaji masih sedikit untuk mencari tambahan penghasilan merupakan sesuatu yang tidak mudah. Melihat kondisi ini anda harus dengan bijak mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar yang telah direncanakan dapat tercapai . berikut cara mengatur keuangan rumah tangga yang bijak meskipun dengan gaji yang sedikit.

Cara pertama, adanya rencana belanja bulanan. Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika mengikuti keinginan yang belum tentu menjadi keabutuhan, cara terbaik untuk mengatur pendapatan yang masih kecil adalah dengan membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis.

Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun, ketika sudah waktunya membeli kebutuhan anda sudah memiliki anggaran untuk berbenja, namun jangan menggunakan uang lebih dari anggaran yang telah disusun karena uang yang tersisa suda h dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. Menggunakan anggaran tertulis untuk membeli kebutuhan dapat memanimalisir resiko untuk menghabiskan uang yang bukan kebutuhan.

Cara Kedua, membeli barang bekas layak pakai. Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja rumah tangga, barang yang bekas namun layak pakai yang dimaksud adalah seperti anda ingin membeli motor, barang elektronik bekas, furnitur bekas dan lain sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan atau yang tidak pernah digunakan. Ketika anda membeli barang bekas namun masih layak digunakan akan sangat membantu dalam berhemat.

Cara Ketiga, melakukan aktivitas sekaligus. Untuk menghemat pengeluaran seperti membeli makan siang maka anda juga dapat sekaligus melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM, dari pada melakukan beberapa perjalanan yang tidak efisien maka lebih baik anda menyisihkan uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan jika rumah dekat dengan tempat kerja, anda dapat mengambil atau makan siang di rumah.

Cara Keempat. Mencari penghasilan tambahan. Hal ini memang susah untuk dilakukan karena selain sudah capek dengan pekerjaan utama, anda juga harus bekerja lagi dengan mencari penghasilan tambahan. Namun waktu ini harus dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, penulis, jualan online dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah tidak mengganggu pekerjaan utama karena semakin banyak penghasilan tambahan maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk ditabung.

Cara Kelima, gunakan kupon diskon atau promo. Menggunakan kupon diskon atau promo untuk membeli bahan makanan atau kebutuhan lainnya dapat menghemat banyak uang terutama bagi anda yang pandai dalam mencari tempat yang banyak menawarkan promo, saat ini banyak tempat perbelanjaan yang menawarkan diskon bagi pembeli yang memiliki kartu pelanggan. Anda dapat mencari di internet untuk mendapatkan promo produk yang anda inginkan.