Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu yang Tepat Membeli Emas

(foto tirto.id)
Ada berbagai persepsi tentang kapan saat yang tepat untuk membeli emas. Ada yang bilang ketika kita punya uang dan ingin membeli emas. Jawaban ini benar namun masih banyak pertanyaan lain, misal: saya sudah punya uang lalu apakah ini saat yang tepat untuk membeli emas? Kenapa ada pertanyaan seperti ini?

Biasanya karena mendengar dua hal, yang pertama karena mendengar harga emas mahal atau lagi tinggi dan ketika dibeli takutnya besok-besok harga emas akan naik. Yang kedua, meskipun harga emas lagi turun masih ada pertanyaan kalau beli emas sekarang kira-kira ada kemungkinan gak emas akan turun?. Akhirnya karena banyak takutnya maka galau dan pada akhirnya lagi gak beli emas tapi duit habis.

Saat yang Tepat Beli Emas

Agar kita tidak galau atau bimbang dalam membeli emas maka kita harus tahu bahwa investasi emas itu adalah investasi jangka panjang, jadi tidak perlu terlalu bingung dengan keadaan harga emas yang selalu naik turun dalam waktu dekat dan tidak ada yang dapat memastikan harga emas besoknya naik atau turun. Jadi atas dasar dua pola di atas, kita harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk membeli emas.

Saat yang tepat membeli emas adalah saat kita sudah mengalokasikan dana untuk membeli emas dan sudah tersedia, maka langsung kita belikan emas dan jangan memikirkan harga besoknya naik atau turun.

Jadi beli emas berapapun harganya. Jika kita membeli emas karena ingin dilihat kaya padahal kenyataannya memaksakan maka tidak perlu, karena itu nanti pasti akan dijual juga dalam waktu yang dekat untuk memenuhi kebutuhan. Dan pada akhirnya rugi bukan untung.

Namun dalam beberapa persepsi di masyarakat waktu yang paling efektif beli emas yaitu setelah lebaran. Namun alasan tersebut bukanlah suatu prioritas jika dalam waktu 2 atau 3 bulan kedepan emas yang anda beli akan dijual kembali. Nah bagi yang memang punya jiwa investasi tidak mempermaslahkan berpa harga emas hari ini? tetapi berpakah emas hari ini yang bisa anda beli untuk di tabung?