Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Benar

Kesehatan adalah hal yang mutlak yang diinginkan oleh semua orang, sehingga banyak sekali orang yang membuat asuransi kesehatan demi untuk jaminan dimasa yang akan datang. Namun, karena hanya memikirkan investasi yang akan didapat ketika menggunakan asuransi, kebanyakan orang-orang memutuskan secara terburu-buru dalam membeli asuransi kesehatan. 

Untuk itu, agar anda tidak ingin mengalami kekecewaan atau penyesalan, berikut tips memilih asuransi kesehatan:

Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan setiap keluarga pasti berbeda-beda misalnya saja kebutuhan dan jenis penyakit yang dialami. Yang kita ketahui bersama untuk jaminan kesehatan yang kita kenal adalah BPJS Kesehatan, namun kita tidak dapat memilih rumah sakit mana yang akan kita tuju ketika sakit.

Sehingga kita butuh yang namanya asuransi kesehatan, karena ketika anda menginginkan rumah sakit yang cocok dengan jenis penyakit yang dialami maka anda membutuhkan asuransi tersebut untuk mempercepat proses.

Jadi agar anda tidak salah dalam memilih jenis asuransi kesehatan maka anda harus mendapatkan informasi yang lengkap dari agen asuransi yang terkait.

Ada dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan berjangka dan asuransi kesehatan unitlink. Asuransi kesehatan berjangka akan melindungi anda dalam jangka waktu tertentu. tergantung kontrak, Namun kelebihannya adalah harga premi jauh lebih murah dari unitlink.

Sedangkan untuk asuransi  unitlink merupakan manfaat tambahan dari manfaat dasar asuransi jiwa unitlink, oleh karena itu harga premi tentu lebih mahal dari asuransi yang berjangka. Jadi anda harus memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Manfaat Dari Asuransi

Seperti kita ketahui bersama, perlindungan dari asuransi bervariasi, misalnya saja ada asuransi rawat inap, asuransi rawat jalan, asuransi penyakit kritis dan asuransi untuk obat-obatan.

Untuk dapat mengerti tentang hal itu maka anda  membutuhkan agen untuk menjelaskan akan kebutuhan kesehatan anda dan harus diseimbangkan dengan kemampuan. Jika kanda membeli polis tertentu maka anda akan membayar premi tertentu jadi sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Memilih Perusahaan Asuransi

Pilihlah perusahaan asuransi yang bereputasi dan terpercaya. Cara memilih perusahaan asuransi yang baik adalah
  • Mengetahui usia dari perusahaan asuransi, perusahaan yang baru tentu tidak lebih baik dari perusahaan yang sudah lama berdiri, karena perusahaan yang sudah lama telah terbukti dapat beroperasi dengan baik dan menjaga kepercayaan nasabah. Namun yang perlu anda ketahui pula, bukan berarti perusahaan asuransi yang sudah lama berdiri merupakan perusahaan yang sehat dan baik, untuk itu gunakan kriteria lain.
  • Memiliki reputasi yang baik, jika perusahaan itu memiliki reputasi baik maka anda akan lebih yakin bahwa uang anda tidak akan disalahgunakan oleh perusahaan asuransi tersebut. (foto slideshare.net)