Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung Emas di Pegadaian Untung atau Rugi? Begini Penjelesan nya

Ransidit.com - Menabung emas di pegadaian sebenarnya diuntung kan atau dirugi kan ? Ini harus diketahui lho, apalagi bagi anda yang sedang berencana nabung emas di pegadaian ataupun sudah melakukan nya. Dalam artikel ini kita kupas tuntas lengkap untung dan rugi nya. Sebenarnya banyak tempat menabung emas selain pegadaian, banyak juga lembaga lain misal bank dan sejenisnya.

Namun banyak orang lebih memilih di pegadaian karena lembaga ini sudah terpercaya dan dilindungi oleh negara. Jika anda ingin menabung emas di pegadaian anda bisa membeli emas dengan berat minimal yaitu 0,01 gram dimana biasanya harga per gramnya 500-650 rb/gram jadi jika anda membeli 0,01 gram maka uang yang anda bayarkan ke pegadaian berkisar 5000-6.500 saja.

Untung dan Aman 

Mengapa menabung di pegadaian menarik? Karena jika anda menabung disini maka anda bisa menabung mulai dari 5000-6.500 saja. Jadi tergantung berapa berat dan harga ketika anda akan menabung. Selain emas, ada jenis investasi lainnya seperti saham dan properti.

Nah, salah satu alternatif anda agar bisa berinvestasi dengan keadaan ekonomi yang masih menengah ke bawah adalah dengan investasi logam mulia, karena untuk investasi saham dan properti membutuhkan biaya yang cukup banyak atau besar.

Jika anda ingin membuka tabungan emas di pegadaian anda hanya cukup menyiapkan uang sebesar 100 rb dan KTP. Lalu anda akan mengisis formulir atau data diri sesuai dengan KTP yang sudah disediakan di pegadaian yang anda tuju.

Uang 100 rb tadi digunakan untuk biaya administrasi 10 rb, biaya titip emas 30 rb/tahun, biaya materai 6 rb dan sisanya 54 rb untuk membeli emas sebagai saldo awal lalu akan di koferensikan dengan harga emas pada saat anda mendaftar setelah itu anda akan mendapatkan buku tabungan.

Jika anda ingin menabung pada bulan selanjutnya maka anda hanya tinggal datang ke kantor pegadaian terdekat atau melalui ATM yang bisa anda tanyakan di kantor pegadaian terdekat. Pada saat menabung yang tertera pada buku tabungan adalah nominal uang dan jumlah gram emasnya, namun yang tercatat di saldo emas adalah nominal gramnya. Jadi menyesuaikan harga emas pada saat itu?

Lalu jika investasi emas di pegadaian untung atau rugi?

Jawabannya adalah, yang namanya berinvestasi emas itu tidak akan pernah rugi. Namun yang perlu diingat harus disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, minimal 2 tahun. Yang namanya investasi adalah tabungan dalam jangka panjang. Jadi anda akan diuntungkan dengan harga emas yang selalu naik dan ketika anda mencairkan emasnya anda akan diberikan harga sesuai dengan harga saat anda mengambil tabungan tersebut. (foto kontan.co.id)

Baca juga:
Cara ikut Arisan Emas di Pegadaian
Panduan Gadai Emas Tanpa Surat