Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Ransidit.com - Siapa yang tidak ingin memiliki kebebasan finansial?, siapa sih yang tak ingin menjadi orang yang memiliki sejuta dollar? Saya kira semua menginginkan itu semua karena itu adalah impian yang tentunya impian semua orang. Pokok utama yang menjadi faktor bagaimana cara agar kita mencapai kebebasan finansial itu

Financial Mess

Arti dari Finansial Mess adalah kekacauan dalam finansial, saya rasa semua orang pernah mengalami ini sebelum pada akhirnya dapat mencapai kesuksesan. Kekacauan ini dapat berupa banyaknya hutang-hutang atau masih bisa dibilang lebih banyak pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan. Jadi untuk menghindari ini anda harus memanejemen keuangan anda dengan cara meminimilisir pengeluran, artinya pengeluran anda harus lebih minim dibandingkan dengan pendapatan anda sehingga semua dapat tercover.

Financial security

Artinya adalah keamanan finansial, artinya pengeluran harus lebih kecil dari pada pendapatan agar dapat lebih seimbang. Yang terpenting jangan sampai berhutang karena jika anda sampai berhutang maka anda nantinya akan gali lobang dan tutup lobang jadi artinya anda tidak dapat apa-apa. Anda harus memiliki target bahwa nantinya anda harus mencapai kebebasan finansial dengan anda harus memiliki tabungan setidaknya 6 bulan ke depan, tabungan ini agar anda dapat tetap bertahan hidup jika anda sewaktu-waktu tidak ada pendapatan.

Finansial Flexibility

Tahap ini adalah anda baru bisa flexibel dalam mengatur keuangan anda. Misalnya untuk infestasi atau membuat sebuah usaha yang lebih besar sehingga tentu anda akan mendapatkan income yang lebih besar. Tentu ketika anda sudah flexibel anda harus tetap bekerja jangan samapai ketika anda sudah ada pada tahap ini anda malah kendor dalam berusaha karena sudah merasa cukup.


Financial Freedom

Nah, tahap ini yang diinginkan oleh semua orang, ini adalah kebebasan finansial. Lalu kenapa banyak orang yang sudah freedom financial masih tetap kerja? Karena jika bekerja sudah pada tahap ini adalah bekerja untuk berkarya artinya anda sudah bebas dari kewajiban. Jadi jika masih makerja pada tahap ini ya artinya karena untuk tumbuh, belajar dan menyalurkan bakat yang dimiliki. Jadi bukan untuk menghasilkan uangnya. (foto rackspace.com)