Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kesalahan Fatal Dalam Membeli Asuransi

Ilustra (Foto Acko.com)
Asuransi merupakan jaminan hidup dalam jangka panjang ataupun dalam jangka waktu tertentu, untuk itu hindari beberapa kesalahan dalam membeli asuransi agar anda tidak menyesal atau tidak mengalami kerugian.

Berikut akan dijabarkan kesalahan yang sering dilakukan ketika membeli asuransi yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang tanpa memikirkan lebih jauh kesalahan fatal yang tanpa disadari
  • Terburu-Buru
Kebanyakan orang terlalu cepat untuk memutuskan untuk membeli asuransi, padahal dia sendiri tidak tau manfaat dari  asuransi tersebut.

Yang orang fikirkan, asuransi itu jaminan yang menguntungkan namun mereka tidak memikirkan resiko dari asuransi itu sendiri.

Faktor dari buru-buru ini biasanya terpengaruh atau tidak peka dengan agen yang menawarkan asuransi jadi biasanya asal daftar dan tidak tau apa tujuan membuat asuransi.

Untuk itu, pikirkan secara matang-matang ketika membeli asuransi dan pilih asuransi sesuai kebutuhan agar tidak menyesal dikemudian hari.
  • Menyamakan Asuransi Sebagai Bank
Anggapan ini tentu salah karena dari namanya saja sudah berbeda, asuransi berfungsi untuk memberikan perlindungan, sedangkan bank merupakan tempat uang.

Lalu apa perbedaannya? Nah, jika bank ketika anda menabung hari ini maka besok atau kapanpun itu anda dapat mengambil uang tersebut.

Sedangkan untuk asuransi merupakan biaya perlindungan jadi bukan investasi yang dapat diambil kapan saja, meskipun ada asuransi + investasi namun sebenarnya ketika anda membayar asuransi pada tahun pertama, maka uang yang anda bayarkan sebagian besar akan masuk asuransi bukan investasi.

Jadi jangan berharap jika berjalan beberapa tahun anda akan mengambil uang investasi karena itu percuma karena uang investasi anda tidak ada.

Jika anda berhenti membayar asuransi ditengah jalan maka uang yang sudah anda bayarkan sebelumnya akan hangus.
  • Tidak Faham Resiko Investasi
Semua keputusan pasti memiliki resiko, tidak terkecuali dengan investasi. Banyak sekali orang yang tidak memahami resiko investasi sehingga banyak orang yang protes ketika sudah 10 tahun melakukan investasi namun uangnya masih sedikit.

Namun yang harus anda fahami adalah semua investasi mengalami kenaikan dan penurunan dalam waktu tertentu dan itu merupakan hal yang wajar dalam investasi.
  • Pemahaman Asuransi Adalah Lembaga Sosial
Asuransi bukanlah lembaga sosial, asuransi merupakan lembaga yang mengelola resiko yang memiliki perhitungan yang matang. Jadi jangan ada pemahaman ketika terjadi sesuatu maka akan ditanggung semua oleh pihak asuransi.

Jika hal ini terjadi maka akan terjadi over sehingga lembaga asuransi akan mengalami kebangkrutan dan ketika bangkrut akan bubar sehingga image asuransi akan tidak karuan.

Jadi yang perlu anda fahami adalah asuransi bukan lembaga sosial dan bukan tempat untuk meminta bantuan, namun asuransi adalah berani membayar klaim  yang anda ajukan asal sesuai dengan perjanjian hukum polis.