Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakai Kartu Kredit itu Untung Atau Buntung?

Ransidit.com - Pengguna kartu kredit memang memudahkan, namun apakah anda sudah bijak dalam menggunakan kartu kredit? Lalu kapan sebenarnya seseorang membutuhkan kartu kredit? Seseorang akan memerlukan kartu kredit ketika dia menginkankan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam hal bertransaksi, kerena seperti kita ketahui bersama kartu kredit dapat digunakan kapan saja dan dimana saja selama mesin edisinya. Jadi tergantung dari orang tersebut apakah ingin kemudahan tersebut untuk memberikan kemudahan baginya atau malah justru memberikan kesusahan karena over limit karena tidak dapat memperkirakan budget yang dimiliki.

Lalu bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan bijak? Ada salah satu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dapat membedakan keinginan dengan kebutuhan. Jadi harus dapt dibedakan. Dan ada satu cara untuk membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Kebutuhan jika tidak terpenuhi maka akan berpengaruh dengan perut atau akan terganggu dengan kehidupan sehari-hari, sedangkan keinginan jika tidak terpenuhi maka yang terganggu adalah gengsi.

Contoh penggunaan kartu kredit yang bijak dengan yang kurang bijak.  Misalnya saja ketika kita akan membeli smartphone.  Anda akan dikatakan bijak ketika smartphone anda rusak dan membutuhkan dengan segera smartphone tersebut karena berhubungan dengan pekerjaan maka anda boleh menggunakan kartu kredit. Namun jika anda menggunakan kartu kredit ketika ada smartphone keluaran terbaru dan dicicil dengan cicilan nol persen, maka hal itu sangat berbahaya untuk penghasilan bulanan. Jadi jangan lupa bedakan keinginan dengan kebutuhan.

Berapa limit kartu kredit? Biasanya bank memberikan limit kartu kredit sejumlah 3x  gaji, namun dengan seiring waktu, limit ini akan bertambah ketika anda dalam penggunaan kartu kredit lancar dalam pembayaran. Maka bijak-bijaklah dalam menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit untuk pembayaran untuk apa saja agar bijak? Kaertu kredit yang paling mudah adalah untuk membayar tagihan bulanan, misalnya listrik, air atau lainnya. Kerena terkadang untuk pembayaran bulanan ini selalu rutin dan terkadang tidak memiliki uang tunai, sedangkan kartu kredit akan ditagih pada tanggal-tanggal yang sudah ditetapkan misalnya pada tanggal 5 dan dekat dengan tanggal gajian. Jadi kartu kredit dapat digunakan untuk pembayaran tersebut ketika kita tidak memiliki uang tunai.

Jadi dapat disimpulakan bahwa anda akan untuk menggunakan kartu kredit katika digunakan sesuai kebutuhan. Namun anda akan buntung ketika kartu kredit digunakan untuk keinginan yang tidak terlalu penting. Jadi jangan lupa untuk bijak menggunakan kartu kredit. (foto uangteman.com)