Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Melalui Bank yang Bagus untuk Pemula

Di artikel yang sebelumnya telah kita jelaskan bahwa banyak jenis investasi di bank yang bisa kita ikuti seperti saham, reksa dana P2P Lending dan lain sebagainya. 

Yang kita ketahui bahwa bank hanya tempat untuk menabung bukan untuk berinvestasi dengan hasil yang menggiurkan. Namun anggapan tersebut salah, karena ternyata bank juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk berinvestasi dengan hasil yang besar yaitu dengan membeli produk investasi seperti reksa dana.

Pada dasarnya investasi di bank sangat  gampang karena nasabah hanya tinggal datang ke bank dan kemudian menghubungi manager yang ada di bank tersebut dan langsung bisa bertransaksi membeli reksa dana.

Apasaja produk investasi yang ditawarkan oleh bank?

Produk yang ditawarkan oleh bank dalam bidang investasi adalah ada yang namanya produk konservatif seperti produk deposito dan tabungan. Namun ada juga yang namanya investasi yaitu reksa dana, obligasi atau faluta asing.

Apakah semua bank melayani pembelian reksa dana?

Ternyata tidak semua bank menjual reksa dana, hanya bank yang memiliki izin dari OJK yang memiliki produk reksa dana.

Jadi bagaimana cara memulai investasi melalui bank? Sebenarnya mudah saja, yang pertama bisa langsung datang ke cabang bank yang sudah ada izin dari OJK, lalu kemudia menyetorkan dana dan berdiskusi dengan manager dari bank tersebut.

Kedua, apabila sudah mengetahu produk dan resiko dari produk yang dibeli maka para nasabah bisa melakukan pembelian reksa dana secara berkala.

Jadi tidak harus datang setiap saat hanya dilakukan pemotongan dari rekening tabungan yang ada dan langsung di investasikan ke produk yang dipilih oleh nasabah. Jadi syarat utamanya adalah harus memiliki rekening di bank tersebut sebelum memulai untuk berinvestas.

Biaya apa saja ketika kita pertama kali melakukan investasi reksa dana melalui bank?

Ada biaya pembelian reksa dana, namun biaya ini tergantung pada prospek dari produk reksa dana yang dipilih. Sedangkan untuk biaya yang lainnya sudah termasuk ke dalam aktiva bersih dari reksa dana yang dibeli.

Berapa dana minimum yang harus dimiliki oleh nasabah jika berinvestasi melalui bank?

Tergantung dari kebijaksanaan dari bank yang dipilih, kemudian juga dari prospektus  dari reksa dana tersebut. misalnya saja untuk membuka rekening mulai dari 50 juta rupiah dan untuk menikmati layanan prioritasnya mulai dari 500 juta. Jumlah tersebut ditentukan sendiri oleh para nasabah mau berapa juta yang akan di belikan produk reksa dana. (foto onlenpedia.com)