Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Emas dengan Dana Terbatas

(foto tempo.co)
Ransidit.com - Dana terbatas tidak menghalangi sesorang untuk menabung emas meski biaya hidup pas - pasan. Biasanya jika kita mendengar yang namnya investasi pasti kita langsung berfikir bahwa dana yang dibutuhkan tidak sedikit alias banyak alias mahal.

Jadi seolah-olah investasi itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang ekonominya menengah ke atas. Namun jangan salah, sekarang banyak lembaga keuangan yang sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas investasi, ada yang menabung saham dan ada juga yang menabung emas.

Cara Nabung Emas Dana Terbatas

Agar kita bisa menabung emas dengan dana terbatas, maka kita harus menggunakan fasilitas tabungan emas yang ada di antam dan pegadaian. Jika ingin membuka tabungan antam di brankas, maka terlebih dahulu datang ke kantor antamnya untuk membuka rekening brankas antam, setelah itu baru, kita bisa melakukan setoran dalam bentuk uang lalu di konfert dalam bentuk emas atau gram.

Transaksi juga bisa melalui online, begitu juga dengan menjualnya, dapat melalui online namun untuk mengambilnya harus datang langsung ke antamnya. Untuk setoran minimal antam adalah 1 gram atau setara dengan 600 rb atau sesuai harga emas saat itu.

Jika pilihan di atas masih sulit karena keterbatasan kantor antam, kita dapat menggunakan pilihan kedua yaitu dengan tabungan emas pegadaian. Jenis tabungan ini memiliki kelebihan jaringan yang sangat luas di seluruh Indonesia, ada sekitar 4400 lebih cabang kantor pegadaian.

Untuk setoran di pegadaian ini kita dapat menyetor dengan jumlah yang kecil, sehingga meringankan orang yang ingin berinvestasi namun masih dalam keadaan ekonomi menegah ke bawah. Kita bisa menabung mulai dari 6 rb atau 7 rb untuk di konfert dengan emas.

Jadi dengan adanya fasilitas tabungan emas ini maka membuat investasi emas bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Namun begitu, anda harus mengetahui tips yang perlu diperhatikan.

Pertama. Jika kita hanya memiliki uang misalnya 10 rb dan ingin di investasikan, maka lebih baik uang itu dikumpulkan terlebidahulu misalnya 7 hari maka uang akan terkumpul sebanyak 70 rb. Jika kita menyetor hanya 10 rb dan setiap hari 10 rb maka akan mahal biaya administrasi nya yang sebesar 2.500.

Kedua, misalnya anda sudah mengumpulkan emas sebanyak 1 gram dan anda inginmencairkannya. Disarankan tidak mencairkannya dalam bentuk kepingan emas 1 gram karena ongkos untuk kepingan satu gram emas memiliki biaya cetak 85 ribu. Jadi disarankan mengambil cetakannya setelah jumlah emasnya sudah banyak, misalnya 10 gram dan hanya dikenakan biaya cetakan 125 ribu,. Jadi kita dapat menghemat.