Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Asuransi Jiwa Beserta Keuntungan dan Kekurangan nya

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang sudah umum kita dengar, namun tidak banyak yang tau apa fungsi dari asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga yang disebabkan karena meninggal terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.

Beberapa risiko yang dihadapi dalam asuransi jiwa seperti Resiko kematian dan Hidup seseorang terlalu lama.

Artinya Jika seseorang tidak mengansuransikan jiwanya kepada perusahaan asuransi, maka akan ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan dengan keturunannya.

Misalnya saja seorang ayah meninggal begitu cepat, maka jika ada asuransi jiwa maka hidup anaknya tidak terlantar karena sudah ada asuransi jiwa yang sudah didaftarkan ayahnya.

Berikut jenis asuransi jiwa yang dapat menjadi pertimbangan anda:

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka disebut juga dengan term Life Insurance yang tujuannya untuk memberikan proteksi kepada penanggung pada jangga waktu tertentu.

Biasanya kontrak untuk asuransi jiwa ini adalah 5 tahun, 10 tahun dan 20 tahun dengan premi yang terhitung murah.

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki penghasilan yang kecil namun memiliki kebutuhan asuransi yang terbilang besar.

Bagi mereka yang memilih jenis asuransi ini biasanya bagi mereka yang menginginkan asuransi jangka panjang bagi keluarga, misalnya saja asuransi pendidikan bagi anak dengan dana yang terbatas untuk membeli asuransi jiwa.

Kelebihan dari jenis asuransi ini adalah, anda mendapatkan kebebasan untuk menentukan premi sesuai dengan kemampuan dan asuransi berjangka ini relatif lebih murah.

Kelebihan lainnya adalah jika tertanggung meninggal dunia dan masih dalam waktu kontrak maka keluarga tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan yang cukup besar.

Sedangkan untuk kekurangannya, jika penanggung meninngal dunia namun kontraknya sudah habis, maka asuransi tersebut akan hangus atau hilang.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup disebut juga dengan Whole Life Insurance, asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup sesuai dengan namanya.

Namun biasanya meskipun seumur hidup, pihak asuransi akan memberikan batasan pada usia 99 tahun atau 100 tahun.

Asuransi ini dianjurkan bagi kamu yang tidak memiliki tanggungan namun menginginkan perlindungan jiwa sekaligus tabungan untuk kebutuhan kebutuhan yang darurat seperti kematian.

Keuntungan dari asuransi seumur hidup ini adalah pemegang polis dimungkinkan untuk mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan, jika anda tidak dapat membayar angsuran premi secara berkala maka anda dapat menggunakan tunai dari premi yang sudah dibayarkan untuk pembayaran premi selanjutnya, jika kontrak berakhir maka uang pertanggungan anda akan diberikan sepenuhnya.

Kekurangan dari asuransi ini adalah, preminya lebih besar dibandingkan dengan asuransi yang berjangka dan bahkan dapat mencapai dua kali lipatnya.

Mahalnya jenis asuransi ini adalah karen berdasarkan jangka harapan hidup masyarakat Indonesia, dimana untuk harapan hidup wanita adalah 65 tahun dan untuk laki-laki 70 tahun sehingga masa asuransi akan berakhir lebih lama. 

Kekurangan lainnya adalah bunga untuk asuransi ini adalah 4% sehingga nilai tunai dari premi tidak terlalu besar.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna disebut juga dengan Endowment Insurance. Jenis asuransi ini memiliki manfaat asuransi jiwa berjangka dan sekaligus tabungan.

Jenis asuransi ini direkomendasikan bagi kamu yang lebih ingin memastikan ketersediaan seperti pendidikan anak, ingin memiliki dana pensiun lebih besar dan ingin memiliki dana untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Keuntungan dari jenis asuransi ini adalah anda dapat mengambil nilai polis sebelum masa kontrak berakhir. Namun pengambilan nilai polis ini hanya dapat dilakukan sekali selama jangka waktu yang sudah ditentukan, kelebihan lainnya adalah jika anda sebagai tertanggung masih hidup namun jangka waktu kontrak sudah habis maka anda akan mendapatkan uang pertanggungan secara keseluruhan.

Namun kekurangan dari asuransi ini adalah karena asuransi ini memiliki dua manfaat maka preminya relatif lebih mahal dan dapat mencapai jutaan setiap bulannya.

Asuransi Jiwa Unitlink

Jenis asuransi ini adalah asuransi yang paling banyak ditawarkan oleh agen asuransi, asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi.

Asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi jiwa dalam satu prosuk dan ditambah dengan investasi.

Keuntungan dari asuransi ini adalah jika anda mengambil asuransi dalam jangka waktu yang panjang maka jenis asuransi ini sangat cocok karena murah.

Bagi anda pemegang polis akan mendapatkan jaminan perlindungan dan mendapat imbal hasil investasi pada setiap tahunnya yang dapat digunakan untuk membayar kenaikan premi dimasa yang akan datang sehingga jumlah premi setiap bulannya yang anda bayarkan tidak berubah, anda dapat menikmati keuntungannya dengan menarik nilai tunai jika hasil investasinya setiap tahunnya cukup tinggi.

Kekurangan dari jenis asuransi ini adalah sangat ada kemungkinan anda mengalami kerugian investasi sehingga anda harus menambah dana, biaya yang dikenakan dalam asuransi ini cukup besar.

Jadi jika anda menginginkan keuntungan investasi yang besar maka anda tidak direkomendasikan untuk menggunakan jenis asuransi ini. (foto triharyono.com)