Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penyebab Utama Uang Anda Cepat Habis

Ransidit.com - Permasalahan ini pasti dialami semua orang, apalagi jika pengeluaran lebih banyak dibandingkan dengan penghasilan maka yang akan terjadi uang anda akan cepat habis. Jadi jika anda memiliki tabungan di buku rekening terkadang juga cepat habis, jadi fungsi dari ATM anda hanya untuk tempat transit uang anda dan hanya tersisa saldo minimal. Sering mengalami?

Berikut 3 faktor utama penyebab uang cepat habis:

1. Kurangnya Pendidikan Finansial

Pendidikan finansial sangatlah minim, seharusnya pendidikan finansial diajarkan sejak dini bukan diajarkan ketika anda menempuh pendidikan tinggi di universitas atau bahkan ketika anda bekerja. Pendidikan finansial ini sangatlah penting karena untuk memberikan pemahaman kepada anda tentang bagaimana caranya untuk memanajemen keuangan, namun yang terjadi adalah ketika anda menerima gaji dan gajinya langsung habis akibatnya ketika anda akan menikah akan merasa bingung karena belum ada modal untuk menikah ditambah lagi calon yang anda inginkan mematok dengan mas kawin yang besar.

Contoh lainnya adalah ketika anda tidak memiliki pendidikan finansial maka ketika anda sudah tua anda tetap tidak memegang uang karena sudah habis dimasa muda dan akhirnya akan mengandalkan anak padahal belum tentu anak anda akan berbaktin jika anak anda tidak berbakti maka hidup anda akan menderita. Untuk itu persiapkan finansial anda sejak awal untuk masa tua yang lebih bahagia.

Memanajemen keuangan disini adalah tidak penting seberapa uang yang anda dapatkan, tetapi yang terpenting adalah seberapa banyak uang yang bisa anda simpan. Jika anda memiliki pendidikan finansial maka anda pasti sudah berfikir bagaimana caranya ketika anda mendapatkan uang maka anda harus menabung untuk masa depan yang tentunya lebih baik.

2. Tidak Terbiasa Memegang Uang Banyak

Jika biasanya anda hanya memegang uang 500 rb maka ketika anda memegang uang yang lebih banyak, katakan 5 juta maka anda akan kelabakan dan tangan anda mulai gatal mau diapakan uangnya. Sehingga pada akhirnya anda akan belanja sana sini dan beli ini itu sehingga uang yang anda pegang tadi akan habis seketika sehingga anda stres sendiri. Jadi masalahnya adalah pola pikir anda. Jadinketika anda memiliki uang banyak maka gunakan secara bijak atau belajar untuk menabung.

3. Kena Tipu

Biasanya orang yang kena tipu adalah orang-orang yang mudah tergiur dengan iming-iming, misalnya anda ditawarkan pekerjaan yang lebih baik namun anda harus membayar sejumlah uang. Jadi karena anda menginginkan pekerjaan tersebut, maka anda rela mengelurkan uang berapapun padahal anda tidak tau bahwa itu adalah salah satu modus penipuan. Jadi saran saya syukuri apa yang ada, jika anda memiliki rezeki yang lebih, maka tabunglah karena itu semua untuk anda sendiri dimasa yang akan datang. (Referensi Foto dutaislam.com)