Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Investasi Tanah atau Rumah? Inilah Perbandingannya

RansidiT.com - Pilih inestasi tanah atau rumah? mana yang lebih menguntungkan dan bagaimana perbandingan kedua investasi properti ini? Mungkin artikel ini bisa memberi masukan terutama bagi anda yang sedang bingung memilih.

Investasi rumah atau tanah bisa saja secara beli cash atau kredit sama saja namun yang akan kita bahas mengenai perbandingan nya saja.

Jika anda berencana untuk investasi properti, namun masih bingung apakah akan investasi rumah atau tanah? Tidak usah bingung, kali ini penulis akan menginformasikan perbandingan nya.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan atau bandingkan antara Investasi rumah atau tanah. Berikut ulasannya.

Faktor Harga

Harga membeli tanah tentu lebih murah dari membeli rumah, jika masih satu daerah karena tidak perlu membayar biaya untuk bangunan. Namun Anda juga harus memperhatikan biaya untuk membangun rumah. Biaya untuk membangun rumah sendiri tidaklah murah.

Faktor Kesiapan Bangunan

Jika Anda membeli rumah, jelas Anda bisa langsung menempati rumah tersebut. Berbeda dengan jika Anda membeli tanah, dimana Anda harus meluangkan waktu yang cukup lama dalam proses pembangunan.

Desain Bangunan

Jika Anda membeli tanah, tentu bisa menentukan desain rumah sendiri sehingga menjadi lebih puas.  Selain itu, Anda harus bisa menyesuaikan desain rumah dengan kebutuhan dan kemampuan. Sementara jika membeli rumah jadi, Anda harus uas dengan desain rumah yang sudah ada.

Kualitas Bangunan

Selain desain bangunan, ketika Anda membangun rumah sendiri tentu bisa memastikan kualitas dari bangunan itu sendiri. Sementara itu, jika membeli rumah yang sudah jadi, Anda tidak tahu bagaimana sebenarnya kualitas dari bangunan tersebut.

Legalitas

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah masalah legalitas rumah/bangunna. Jika Anda membeli rumah jadi, Anda tidak perlu lagi repot mengurus masalah surat-surat. Berbeda jika Anda membeli tanah.

Itulah sedikit perbandingan antara investasi tanah atau rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan. (foto rumahdijual.com)

Pencarian terkait:
Investasi rumah atau tanah
investasi tanah atau rumah
tips membeli tanah untuk rumah
bangun rumah atau kredit tanah
beli tanah kavling di perumahan
bangun rumah sendiri atau beli perumahan
lebih murah bangun rumah atau beli jadi
beli tanah buat rumah