Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Klaim Asuransi AIA

Melakukan Klaim asuransi AIA hampir sama dengan kebanyakan perusahaan asuransi. Meski tertera panduan lengkap mungkin masih banyak yang masih bingung tata cara melakukan klaim di AIA ini.

Klaim asuransi merupakan permintaan pembayaran resmi kepada perusahaan asuransi berdasarkan ketentuan perjanjian.

Pada saat kita melakukan Klaim yang diajukan tentu akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya dan kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung (kita) setelah disetujui.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini kami berikan informasi mengenai langkah-langkah klaim asuransi AIA yang bisa dijadikan panduan untuk anda.

1. Pengajuan Dokumen

Jika klaim meninggal dunia, siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti: foto copy identitas pemegang polis, identitas penanggung, identitas ahli waris, kartu keluarga, polis asli, surat keterangan kematian asli atau yang sudah dilegalisir.

Apabila yang bersangkutan meninggal akibat kecelakaan maka harus dilampirkan surat kematian dari kepolisian setempat. Surat kuasa bermaterai, visum khusus (jika karena kecelakaan).

Jika klaim kesehatan, siapkan dokumen berupa: foto copy identitas pemegang polis, identitas tertanggung, polis asli, kwitansi asli disertai dengan rincian perawatan, foto copy resep dan surat kuasa bermaterai.

Jika perawatan disebabkan karena kecelakaan maka lampirkan juga surat keterangan kepolisan dan berita acara perusahaan.

2. Pemeriksaan Dokumen

Dokumen yang diserahkan akan diperiksa kelengkapannya. Jika masih ada kekurangan pihak asuransi AIA akan memberitahukan kepada nasabah, melalu telepon/SMS. Biasanya kekurangan dokumen harus segera dilengkapi dalam jangka waktu 30 hari kerja (1 bulan).

Dokumen yang sudah memenuhi persyaratan akan diproses oleh pihak AIA dan akan memberikan pemberitahuan kepada nasabah bahwa dokumen yang diajukan sudah lengkap dan klaim siap diproses.

3. Hasil Keputusan

Dokumen dan persyaratan ajuan klaim akan dipelajari dan dianalisa oleh tim khusus dari AIA Financial.

Jika disetujui maka klaim akan dibayarkan kepada nasabah dan akan diberitahukan melalui SMS atau pemberitahuan secara tertulis.

4. Pembayaran Dan Penerimaan

AIA Financial akan memproses pencairan klaim dan nasabah dapat menerima pembayaran yang diajukan.

Biasanya proses pengajuan klaim dalam waktu 8 hari kerja (klaim kesehatan) dan 11 hari kerja untuk pengajuan klaim tertanggung yang meninggal dunia.
(foto berlimanews.com)