Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Tagihan Kartu Kredit?

RansidiT.com - Membayar tagihan kartu kredit secara teratur (tidak melebihi batas jatuh tempo) senantiasa membuat Anda lebih nyaman menikmati berbagai fasilitas yang diberikan kartu ajaib ini.

Dengan mempersiapkan dana sesuai dengan nominal tagihan dan membayar sebelum jatuh tempo, dapat terhindar dari denda dan bunga kartu kredit.

Pentingnya Mengetahui Waktu Jatuh Tempo Tagihan

Bagi para pengguna kartu kredit, poin penting yang harus diketahui adalah kapan tanggal penagihan pembayaran. Nah, biasanya penerbit kartu kredit atau bank yang bersangkutan, memberikan tanggal jatuh tempo sekitar 15 hari terhitung setelah cetak transaksi. Contohnya: tanggal cetak transaksi kartu kredit yang Anda gunakan adalah tanggal 5 Mei, maka tagihan kartunya jatuh pada tanggal 20 Mei (waktu jatuh tempo).

Keuntungan Tertib Membayar Tagihan Tepat Waktu

Selain mengetahui tanggal jatuh tempo, pengguna kartu kredit harus mengetahui keuntungan atau perbedaan pembayaran tunai (lunas) dengan pembayaran minimum (dicicil).

Apabila Anda membayar tagihan dengan cara dilunasi semuanya sebelum tanggal jatuh tempo (full payment) maka Anda tidak akan dikenakan denda atau bunga kredit.

Sedangkan, apabila Anda membayar tagihan kartu kredit dengan cara diangsur/dicicil, maka sisa tagihan akan dikenakan beban bunga yang harus dibayar pada bulan berikutnya. Sedangkan pembayaran yang dilakukan setelah atau melewati tanggal jatuh tempo maka akan dikenakan denda biaya keterlambatan.

Nah, jika anda menggunakan kartu kredit, sudah tentu memiliki kewajiban membayar tagihan kartu setiap bulannya. Besarnya tagihan tertera pada lembar penagihan. Pastikan Anda tidak menunggu tanggal jatuh tempo untuk melakukan pembayaran, bayarlah segera jika dana sudah disiapkan setelah tanggal cetak tiba.
(foto jawapos)