Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Kredit Kendaraan Nunggak Berbulan Bulan

RansidiT - Membeli mobil atau motor dengan kredit memang terasa lebih ringan. Namun bisa saja ada kejadian yang tidak diinginkan yang membuat angsuran pembayaran macet.

Jika Anda mengalami masalah kredit mobil motor seperti itu, solusinya bisa mengikuti cara yang akan kita bahas berikut ini tentang solusi bagaimana mengatasi kredit kendaraan yang terlanjur nunggak berbulan bulan?

1. Restrukturisasi Kredit

Yang dimaksud dengan restrukturisasi kredit adalah penyusunan ulang kembali mekanisme kredit yang diajukan. Ada beberapa komponen yang harus dirubah, yaitu suku bunga, jangka waktu lamanya pinjaman dan fasilitas kredit.

Anda bisa minta diturunkan suku bunga, memperpanjang periode pinjaman dan mengurangi tunggakan. Namun perlu Anda ketahui cara ini tidak bisa diajukan oleh sembarang orang. Kriteria yang diberi restrukturisasi apabila:
  • Mengalami kesulitan untuk membayar kewajiban pokok dan bunga kredit.
  • Memiliki niat yang baik dan kooperatif.
  • Memiliki prospek usaha yang baik sehingga dianggap mampu memenuhi kewajiban setelah mendapatkan direstrukturisasi.
2. Refinancing Kredit

Refinancing kredit artinya Anda bisa mengajukan kredit baru dengan perhitungan yang baru pula untuk menggantikan kredit cicilan mobil yang lama. 

Jika dilihat, cara ini seperti menambah utang baru untuk melunasi cicilan mobil yang nunggak. Tapi jika perhitungan Anda tepat, Anda bisa keluar dari masalah kredit mobil yang menunggak berbulan-bulan.

Cara ini dapat mencegah Anda masuk ke dalam daftar hitam BI karena gagal melunasi kredit. Mendapatkan kredit baru dengan jumlah cicilan yang lebih kecil, artinya bisa lebih meringankan pembayaran setiap bulannya.

3. Oper Kredit

Cara ini bisa dijadikan solusi terakhir. Oper kredit disini artinya adalah Anda menjual mobil yang masih ada cicilannya kepada orang lain. 

Setelah deal,pembeli harus meneruskan membayar cicilan. Walaupunharga yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasaran, cara ini bisa dilakukan dari pada Anda pusing harus membayar cicilan yang tidka sanggup Andabayar.

Terlepas dari adanya pilihan solusi mengatasi masalah kredit mobil yang macet, alangkah baiknya sebelum Anda kredit mobil hitung dengan cermat berapa pendapatan Anda per bulannya dan berapa pengeluaran. Hal ini membantu Anda mengetahui kemampuan membayar cicilan dan berapa besarnya cicilan per bulan yang tepat.(foto rakyatkunews)