Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bedanya Kartu Kredit dan Kartu Debit

Ilustra (Foto detikcom)
RansidiT - Kartu kredit dan Kartu debit itu beda dan ada juga persamaan nya. Pada artikel ini kita akan kupas mengenai perbedaan fungsi kedua kartu tersebut agar tidak terjadi kekeliruan pemahaman.

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Sedangkan Kartu debit adalah sebuah kartu pembayaran mengambil uang dari rekening di ATM.

Saat ini pengguna kartu kredit ataupun kartu debit tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika bepergian. Kedua kartu ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat pembayaran sehari-hari. Namun, cara transaksi dengan kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit.

Banyak orang menghindari pemakaian kartu kredit, meski di sisi lain, talangan dana dari bank setidaknya mampu mengatasi anggaran belanja yang mulai menipis.

Sementara itu pengguna kartu debit tidak usah mengembalikan dana ke bank pada saat tagihan datang. Sebab, uang yang dibelanjakan itu sepenuhnya berasal dari rekening pribadi. Meski tentu saja saldo tabungan Anda pun bisa langsung terkuras jika harus membayar sesuatu dalam jumlah yang besar.

Pengunaan kartu kredit dengan kartu debit memang bisa sangat berbeda dari banyak sisi. Tagihan kartu kredit dapat dibayar saat akhir bulan. Sedangkan kartu debit menarik tagihan ketika transaksi dilakukan saat itu juga. Tetapi tidak ada konsekuensi denda maupun bunga yang harus dibayar pada tagihan belanja Anda.

Perbedaan lain, untuk pengajuan kartu debit sudah pasti Anda harus memiliki rekening bank dengan saldo yang mumpuni. Bagaimana dengan kartu kredit? Nah, tidak perlu membuka rekening dalam bentuk apapun. Yang diperlukan hanya mengisi form aplikasi, memenuhi persyaratan usia serta penghasilan, serta melengkapi semua dokumen yang ditentukan oleh pihak bank penerbit kartu kredit Anda.

Satu hal yang juga penting adalah keamanan transaksi bagi pemilik kartu debit atau kartu kredit. Meski penggunaan kartu kredit sangat diwaspadai, namun ternyata produk ini disebut lebih aman daripada kartu debit. Benarkah demikian? Mari buktikan alasannya:

Fasilitas Kartu Kredit

Fasilitas kartu kredit biasanya dilengkapi dengan sejumlah asuransi, baik itu asuransi belanja maupun asuransi perjalanan. Termasuk untuk transaksi online, beberapa bank penerbit kartu kredit dapat memfasilitasi proses penukaran barang selang beberapa hari setelah transaksi dilakukan. 

Sementara itu, jika Anda menggunakan kartu debit asuransi ini tidak diberikan, termasuk dengan promo atau potongan harga yang relatif minim.

Perlindungan Hukum

Transaksi kartu debit tidak memiliki perlindungan hukum, sedangkan tiap transaksi kartu kredit sangat dilindungi oleh payung hukum. Pengguna dapat mengatasi berbagai masalah secara hukum, misalnya saat terjadi kesalahan dalam transaksi, hingga urusan klaim yang jauh lebih mudah.

Penyalahgunaan Pihak Lain

Soal keamanan, kartu debit cenderung lebih rendah. Seperti kartu ATM, jika pin kartu debit kecolongan oleh tangan-tangan jahil maka tabungan Anda akan terkuras habis. Sedangkan saldo kartu kredit tidak akan berkurang tanpa adanya bukti transaksi yang sah.

Bagaimana? Yakin memilih kartu debit atau kartu kredit? Tidak jadi masalah selama Anda mengerti letak manfaatnya, termasuk kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang penting gunakan secara bijak ya, dan jangan sampai berujung kerugian fatal bagi diri Anda dan keluarga.