Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan? Bisa Dong

RansidiT - Bisakah pinjam uang di bank tanpa jaminan? jawabannya adalah “bisa”, yaitu menggunakan layanan KTA atau Kredit Tanpa Anggunan. Cara ini bisa menjadi solusi tepat, karena selain tidak menggunakan jaminan asset barang berharga, prosesnya juga terbilang cepat.

Berikut ini kami akan memberikan sekilas informasi mengenai apa itu KTA.

Sekilas Tentang KTA

KTA atau Kredit Tanpa Anggunan adalah program dari pemerintah yang diberikan untuk masyarakat agar dapat meminjam uang dengan jumlah yang besar. Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan mendesak.

Program ini diperuntukkan untuk masyarakat dengan menggunakan perantara bank swasta maupun BUMN.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam pilihan untuk memilih bank penyalur KTA dan setiap bank penyalur tersebut menawarkan berbagai macam fasilitas penawaran yang berbeda-beda. Misalnya dalam hal hak dan kewajiban nasabahnya.

Berikut ini beberapa poin yang bisa dijadikan panduan jika Anda berencana pinjam uang di bank tanpa jaminan.

4 Poin Penting Peminjaman Uang Tanpa Jaminan

Pilih Bank Yang Tepat

Agar pengajuan dana disetujui, sebaiknya pilih bank yang sesuai dengan profil Anda. Oleh sebab itu, pertama-tama cari informasi dan analisis setiap bank yang memberikan fasilitas KTA, agar Anda dapat memilih bank yang tepat.

Sebaiknya pilihlah bank penyedia jasa pinjaman dana yang menggunakan sistem yang benar dengan bunga pinjaman yang rendah.

Tentukan Berapa Nominal Dana Yang Dipinjam

Tentukan berapa jumlah uang yang dipinjam. Penting untuk mempertimbangkan tujuan pinjaman dan kemampuan finansial Anda. 

Tujuannya adalah agar Anda tidak terbebani dengan angsuran bulanan yang harus dibayarkan dan tidak mengganggu kebutuhan Anda sehari-hari. Hindari meminjam dana yang besar tanpa tujuan yang jelas.

Lakukan Cek Ulang Pinjaman

Sebelum mengirimkan formulir pinjaman, lakukan simulasi pinjaman. Mulau dari jumlah pinjaman angsuran, jangka waktu pengembalian sampai biaya administrasi. Pilih penyedia pinjaman yang tidak memberlakukan biaya administrasi.

Mengajukan Pinjaman Dana

Jika Anda sudah yakin dengan jumlah pinjaman, bisa mulai ajukan pinjaman. Pengajuan dana yang Anda ajukan akan diproses jika Anda melampirkan formulir dan dokumen yang diminta. 

Pada umumnya, syarat dokumen pinjam uang tanpa jaminan adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, NPWP, slip gaji, juga fotokopi tabungan.

Nah, setelah selesai melakukan tahap-tahap tersebut, selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi apakah pinjaman uang di bank tanpa jaminan disetujui atau tidaknya. Selamat mencoba dan semoga pinjaman yang Anda ajukan berhasil!