Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Aman Transaksi Online Dengan Kartu Kredit

RansidiT - Belanja menggunakan kartu kredit bagi sebagian orang dianggap lebih praktis, mudah dan efektif. Apalagi sekarang penggunaan kartu kredit tidak hanya untuk belanja offline, namun bisa menggunakannya untuk belanja online.

Namun sudah bukan rahasia lagi, saat ini banyak aksi kejahatan dan pencurian identitas pengguna kartu kredit. Agar terhindar dari masalah tersebut, ikuti cara aman belanja online pakai kartu kredit berikut ini.

Pilih Toko Online Terpercaya

Saat ini banyak toko online yang menyediakan fasilitas pembayaran melalui kartu kredit, pastikan Anda memilih toko online yang memiliki reputasi baik.

Apabila Anda sering menerima email mengenai penawaran atau promo menarik dari toko online, sebaiknya hindari mengklik langsung dari email. Apalagi jika toko online yang dimaksud tidak jelas asal-usulnya.

Walaupun tidak semuanya, namun memiliki beberapa kemungkinan membawa anda ke situs yang sengaja dibuat untuk mencuri data kartu kedit. Untuk menghindarinya, cara belanja online pakai kartu kredit bisa dengan mengetik langsung alamat URL-nya di browser.

Keamanan Tempat Anda Memasukkan Data

Anda dapat mengetahui keamanan situs toko online dengan melihat alamat URL-nya. Situs yang aman adalah yang diawali dengan https://. Selain itu, tanda situs menggunakan enskrip untuk melindungi data adalah terdapat gambar gambar gembok di sudut bagian kanan atau lencana verisign, biasanya terdapat di bagian bawah halaman situs.

Gunakan Perangkat Yang Aman

Hindari menggunakan perangkat, laptop, komputer atau smartphone yang bukan milik Anda. Dikhawatirkan perangkat tersebut dipasang keyloggen yang dapat merekam semua aktivitas Anda di perangkat. Selain itu, jangan pernah melakukan transaksi menggunakan jaringan Wifi publik.

Agar terhindar dari serangan virus lindungi perangkat yang Anda gunakan untuk bertransaksi online dengan kartu kredit dengan antivirus dan anti spyware.

Selain ketiga cara tersebut, masih banyak hal lainnya yang tidak kalah penting, seperti mencetak bukti pembayaran online, ketahui dan pahami apa saja informasi yang perlu dan tidak perlu Anda berikan. Dan yang terakhir cara aman belanja online pakai kartu kredit adalah jangan pernah menyimpan data kartu kredit di toko online yang Anda pilih.