Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Poin Penting Untuk Pertimbangan Sebelum Membuat Kartu Kredit Agar Tidak Tekor

Kartu kredit itu ibarat kartu ajaib yang bisa memuaskan segala keinginan. Selain itu, menggunakan kartu kredit memberikan keamanan saat berbelanja, karena tidak perlu membawa uang tunai.

Namun ada beberapa pertimbangan sebelum membuat kartu kredit yang perlu Anda ketahui. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Pahami Fungsinya

Poin yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membuat kartu kredit adalah pahami fungsinya. Kartu kredit tidak hanya sekedar memberikan kemudahan atau menggantikan uang tunai.

Karena pada dasarnya pengeluaran menggunakan kartu kredit merupakan pinjaman (kedit) yang berlaku dalam jumlah tertentu dengan lamanya angsuran sekitar 30 hari (1 bulan). Apabila pembayarannya melebihi batas waktu yang ditentukan, Anda akan mendapatkan denda.

Pilih Bank Penyedia Kartu Kredit Yang Tepat

Sekarang ini banyak bank yang menawarkan kartu kredit dengan berbagai fasilitas yang menggiurkan. Sebaiknya jangan asal pilih bank, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan bank yang Anda pilih memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik.

Biasanya hal ini bisa dilihat dari kinerja dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para nasabahnya. Selain itu, pilih bank yang memberikan fasilitas memadai dan kemudahan untuk menggunakan kartu kredit.

Pahami Mekanisme Pembayarannya

Pembayaran tagihan sudah diberlakukan pada waktu tagihan Anda terbit, biasanya diberi waktu beberapa hari untuk pelunasan. Untuk pembayarannya Anda bisa membayar melalui ATM atau ke kantor cabang bank tempat kartu kredit Anda diterbitkan.

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dijadikan pilihan. Umumnya penyedia kartu menawarkan metode pembayaran minimum adalah Anda bisa membayar sebagian kartu kredit terlebih dahulu dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Atau bisa juga melunasi semua tagihan dalam tengat waktu yang sudah ditetapkan.

Sebaiknya Anda selalu membayar tepat waktu tagihan secara full setiap bulannyna dengan jumlah nominal yang sesuai dengan angsuran. Karena, apabila Anda membayarnya kurang dari jumlah tagihan, maka kekurangannya tersebut akan diakumulasikan ke tagihan bulan berikutnya. Selain itu, akibat kurang pembayaran bisa terkena bunga.

Demikian beberapa pertimbangan sebelum membuat kartu kredit karena pada dasarnya, menggunakan kartu kredit sama halnya dengan berhutang. Artinya, sesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan. Jika Anda sudah yakin menggunakannya, gunakanlah kartu kredit dengan bijak.