Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil / Motor di Leasing vs Bank


Pilih Kredit Kendaraan di Leasing atau Bank? Pemahaman tentang layanan kredit kendaraan harus diketahui demi kenyamanan saat kita menyicil kendaraan. Pada artikel ini kami berikan ulasan tentang kredit kendaraan di Leasing atau Bank.

Pilih Kredit mobil di bank atau di leasing? Apa kekurangan dan keuntungan dari masing-masing lembaga penyedia kredit kendaraan tersebut? pecinta otomotif mungkin sedikit bingung memilih antara kredit motor/ mobil lewat leasing (perusahaan multifinance) atau lewat bank.

Jika anda pilih kredit di Bank, maka Bank yang memfasilitasi transaksi simpan dan pinjam uang, bank juga memberikan fasilitas kredit pemilikan, salah satunya adalah kredit pemilikan kendaraan.

Kredit kendaraan di bank memiliki kelebihan pada bunga yang lebih rendah dibanding leasing, akan tetapi kelemahan kredit melalui bank adalah prosedur yang dilewati lebih banyak (lebih lama dalam mendapatkan persetujuan).

Begitu pula sebaliknya jika pecinta otomotif memilih menggunakan jasa leasing maka prosesnya lebih cepat akan tetapi bunga juga lebih besar (selisih 0,5 sampai 1 %) per tahunnya.

Keuntungan Pembiayaan Melalui Bank
  1. Suku bunga yang rendah sehingga cicilan Anda setiap bulannya akan lebih ringan
  2. Terdapat pilihan untuk melunasi sebagian utang jika Anda memiliki cukup uang tunai sehingga tagihan yang tersisa tidak memberatkan Anda
Kerugian Pembiayaan Melalui Bank
  1. Proses pengajuan yang cukup rumit, karena Anda membutuhkan berbagai dokumen yang menunjukkan identitas serta kelayakan Anda mendapatkan kredit
  2. Pengajuan Anda mungkin akan ditolak, bahkan pihak bank akan melakukan berbagai survei untuk memastikan kebenaran data yang Anda berikan.
Kredit pemilikan yang ditawarkan oleh bank dapat digunakan untuk mobil baru maupun bekas. Pada saat pengajuan aplikasi, pengaju harus memenuhi beberapa syarat seperti:
  • Bukti identitas diri (KTP, KK atau Surat Nikah) 
  • Bukti penghasilan (Slip Gaji, Surat Keterangan Kerja) 
  • Bukti pajak (NPWP) 
Setelah pengaju memenuhi syarat tersebut, pihak bank kemudian akan memproses aplikasi. Proses aplikasi membutuhkan waktu yang beragam, paling cepat ada yang 1 (satu) hari hingga paling lambat, 7 (tujuh) hari.

Setelah disetujui, berarti kredit diterima, pengaju mendapatkan kendaraan dan harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai peminjam dengan membayar cicilan bulanan.

Pada prinsipnya kredit kendaraan di leasing dan bank hampir sama yakni memerlukan persyaratan tertentu dan dikenakan bunga tertentu dan jaminan berupa BPKB kendaraan.

Selain kedua prinsip tersebut pecinta otomotif juga harus pandai memilih bank/ leasing yang tepat, karena terdapat perbedaan antar bank mengenai kebijakan suku bunga yang diterapkan misalnya bank suku bunga BRI berbeda dengan dengan bank BCA. Leasing juga seperti itu antara FIF dengan adira atau Oto juga berbeda dalam penerapan suku bunganya.

Saat ini banyak bank yang sudah membentuk perusahaan finance yang khusus menangani kredit mobil atau motor.

Beberapa perusahaan multifinance yang didirikan bank antara lain mandiri tunas finance, bca finance, CIMB niaga finance, atau BRI dengan KKB BRI (kredit kendaraan bermotor BRI). 

Sedangkan untuk mobil/ motor ada Summit oto finance, Toyota astra finance, Astra Credit Companies, Federal International Finance, Adira finance, wom finance, indomobil finance, BFI finance dan lain-lain.

Jika Anda Pilih Leasing

Di Indonesia, pengajuan kepemilikan mobil dengan menggunakan leasing cukup terkenal dan setiap tahunnya, angka pengajuan mengalami peningkatan yang signifikan.

Keuntungan Pembiayaan Melalui Leasing
Proses pengajuan cukup mudah dengan syarat yang tidak berbelit dan cepat
Beberapa perusahaan leasing ada yang bersedia untuk datang ke rumah Anda untuk menjelaskan penawaran mereka.